You need to enable javaScript to run this app.

Hari Ibu 2021

Hari Ibu 2021

Hari Ibu di Indonesia berbeda dengan Hari Ibu di negara-negara lain. Hari Ibu diperingati setiap tahunnya untuk mengenang dan menghargai perempuan. Hari Ibu di Indonesia diperingati pada tanggal 22 Desember tiap tahunnya. Tahun ini merupakan peringatan Hari Ibu yang ke-93 di Indonesia.

Dipilihnya tanggal 22 Desember sebagai peringatan Hari Ibu di Indonesia berawal dari Kongres Perempuan Pertama di Yogyakarta. Kongres Perempuan Pertama yang dilaksanakan pada 22-25 Desember 1928 merupakan awal bangkitnya gerakan perempuan Indonesia. Namun, Hari Ibu dirayakan di tanggal yang berbeda-beda di negara lain.

Berikut adalah daftar peringatan Hari Ibu di beberapa negara:

1. Perancis: Hari Minggu terakhir di bulan Mei, tahun ini jatuh pada tanggal 30 Mei.
2. China: Hari Minggu kedua di bulan Mei, tahun ini jatuh di tanggal 9 Mei
3. Inggris: Hari Minggu keempat sebelum Paskah
4. India: Hari Minggu kedua di bulan Mei
5. Jepang: Hari Minggu kedua di bulan Mei
6. Mesir: 21 Maret
7. Thailand: 12 Agustus
8. Spanyol: Hari Minggu pertama di bulan Mei


Sejarah Hari Ibu di Indonesia


Sejarah Hari Ibu di Indonesia berbeda dengan Hari Ibu di negara lain. Hari Ibu di Indonesia menjadi upaya bangsa Indonesia untuk mengenang dan menghargai perjuangan perempuan Indonesia dalam merebut dan mengisi kemerdekaan.

Hari Ibu di Indonesia identik dengan awal mula gerakan perempuan Indonesia. Hal tersebut dimulai dari penyelenggaraan Kongres Perempuan Indonesia Pertama pada tahun 1928.

Kongres tersebut membahas berbagai isu di kalangan perempuan Indonesia. Mulai dari perkawinan anak, pendidikan, hingga kesehatan perempuan.

Dilansir dari Instagram KemenPPPA, tanggal Kongres Perempuan Pertama pada 22 Desember 1928 menjadi dasar pemerintah RI menetapkan peringatan Hari Ibu. Hal tersebut diresmikan oleh Presiden Soekarno melalui surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 316 Tahun 1959.

 

Bagikan artikel ini:
Sri Endang Rahayu, M.Pd

- Kepala Sekolah -

Assalamualaikum Warahmatullah WabarakatuhAlhamdulillahi robbil alamin kami panjatkan kehadlirat Allah SWT, bahwasannya dengan rahmat dan karunia-Nya lah akhirnya Website sekolah ini…

Berlangganan
Banner