You need to enable javaScript to run this app.

MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS) SMK NEGERI 30 JAKARTA TAHUN AJARAN 2023-2024

  • Jum'at, 14 Juli 2023
  • Admin

Saat ini seluruh sekolah dari tingkat Taman Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), dan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) memasuki tahun ajaran baru .

Pada  Tahun Ajaran 2023/2024, SMK Negeri 30 Jakarta telah melaksanakan kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online dan para pendaftar yang dinyatakan telah diterima sebagai peserta didik baru SMK Negeri 30 Jakarta Tahun Ajaran 2023/2024 sebanyak 216 peserta didik.  Dari jumlah 216 peserta didik baru tersebut terdaftar sebagai peserta didik pada Kompetensi Keahlian Perhotelan 1 kelas, Kompetensi Keahlian Kuliner 3 kelas , dan Kompetensi Keahlian Desain Produksi Busana (DPBs) 2 kelas.

Dalam rangka menyambut peserta didik baru, SMK Negeri 30 Jakarta menyelenggarakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) agar peserta didik baru mampu beradaptasi dengan lingkungan barunya, sehingga  merasa nyaman untuk belajar dan meraih prestasi selama 3 tahun ke depan.

Kegiatan MPLS merupakan serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk membantu peserta didik baru dalam beradaptasi dengan lingkungan sekolah baru dan memperkenalkan mereka pada norma, aturan, dan nilai-nilai yang berlaku di sekolah tersebut.

     Pada rangkaian kegiatan MPLS di SMK Negeri 30 Jakarta yang berlangsung selama 3 hari (Rabu, 12 Juli 2023 hingga Jum’at, 14 Juli 2023) tidak hanya melibatkan pihak sekolah, namun juga mengundang beberapa narasumber dari instansi lain dan para alumni yang berkecimpung di dunia industri. Dengan demikian diharapkan peserta didik baru akan bertambah wawasan dan kesiapan dalam menempuh pendidikan dan semakin termotivasi untuk meraih prestasi selama menempuh pendidikan di SMK Negeri 30 Jakarta. Adapun para narasumber yang berpartisipasi mengisi acara MPLS di SMK Negeri 30 Jakarta di antaranya; Ipda Kristiawan, Adib Setiawan, S.Psi, M.Psi, Surya Agus (alumni jurusan Tata Boga), Estevania (alumni jurusan Tata Busana) dan Erma Windi Priyanti (Alumni Jurusan Perhotelan).

Melalui kegiatan ini diharapkan peserta didik baru dapat memperoleh pemahaman tentang lingkungan sekolah, mempelajari aturan-aturan yang berlaku, mengenal guru dan staf sekolah, membangun hubungan sosial, memberikan informasi akademik, memahami nilai-nilai sekolah, mengetahui karakter profil pelajar Pancasila, mengembangkan keterampilan sosial dan kepemimpinan, menumbuhkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Berdasarkan surat edaran Dinas Pendidikan Nomor: e-0035/SE/2023  SMK Negeri 30 Jakarta menyelenggarakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)  pada tahun ajaran 2023/2024 secara luring/tatap muka dan peserta didik baru mengikuti kegiatan tersebut langsung ke sekolah.

 

TUJUAN PENYELENGGARAAN MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS)

Tujuan penyelenggaraan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah untuk membantu peserta didik baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru, meliputi;

  1. Mengenalkan lingkungan sekolah

MPLS bertujuan untuk membantu peserta didik baru mengenal dan memahami lingkungan sekolah mereka, termasuk lokasi ruang kelas, ruang administrasi, perpustakaan, ruangan praktik, fasilitas olahraga, serta tempat-tempat penting lainnya di sekolah. Hal demikian akan membantu peserta didik merasa lebih nyaman dan terbiasa dengan lingkungan baru mereka.

  1. Memperkenalkan sistem dan aturan sekolah

Selama MPLS, peserta didik baru diperkenalkan dengan sistem dan aturan sekolah yang berlaku, yaitu; tata tertib, jadwal pelajaran, kebijakan absensi, prosedur keamanan, dan kode etik yang harus diikuti., sehingga peserta didik baru dapat mengerti dan mengikuti aturan-aturan yang berlaku, serta dapat berpartisipasi dengan baik dalam kegiatan sekolah dan menjaga kedisiplinan.

  1. Memperkenalkan Dewan Guru dan Staf Sekolah

Dalam kegiatan MPLS ini juga diperkenalkan dewan guru dan staf SMK Negeri 30 Jakarta kepada peserta didik baru. Pada sesi ini diberikan kesempatan kepada peserta didik baru untuk mengenal dan berinteraksi dengan dewan guru dan Staf SMK Negeri 30 Jakarta yang akan memfasilitasi dan membimbing mereka dalam proses pembelajaran dan pengembangan diri di sekolah.

  1. Membangun hubungan sosial

MPLS juga dirancang untuk membantu peserta didik baru menjalin hubungan sosial dengan teman sekelas, guru, dan Staf sekolah. Kegiatan-kegiatan sosial seperti; perkenalan, diskusi kelompok, dan kegiatan ice-breaking diadakan untuk membangun interaksi antara peserta didik baru dan peserta didik lama, sehingga memperkuat ikatan sosial dan rasa saling mengenal satu sama lain.

  1. Memberikan Informasi akademik

Selama MPLS, peserta didik baru diberikan informasi tentang kurikulum, mata pelajaran, program ekstrakurikuler, dan peluang akademik lainnya yang tersedia di SMK Negeri 30 Jakarta. Tujuan ini adalah agar siswa baru dapat memahami keseluruhan gambaran pendidikan di SMK Negeri 30 Jakarta, sehingga mereka dapat melangkah lebih mantap untuk meraih prestasi secara maksimal.

  1. Memperkenalkan Nilai-Nilai Sekolah

MPLS juga digunakan sebagai ajang untuk memperkenalkan nilai-nilai yang dijunjung tinggi di SMK Negeri 30 Jakarta, sepert;i nilai integritas, kerjasama, disiplin, tanggung jawab, dan lain sebagainya. Sasaran ini bertujuan untuk membantu peserta didik baru memahami budaya dan karakter sekolah serta membantu mereka dalam mengembangkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai tersebut.

  1. Menumbuhkan karakter Profil Pelajar Pancasila

Dalam MPLS peserta didik juga diberikan pemahaman secara global tentang  enam krakater/kompetensi Profil Pelajar Pancasila yang saling berkaitan  dan menguatkan, karena upaya untuk mewujudkan Pelajar Pancasila yang utuh membutuhkan berkembangnya keenam dimensi tersebut secara bersamaan, tidak parsial. Adapun enam dimensi Pelajar Pancasila yang dimaksud adalah: 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, 2) berkbhinekaan global, 3) bergotong royong, 4) mandiri, 5) bernalar kritis, dan 6) kreatif.

  1. Mengembangkan Kketerampilan Sosial dan Kepemimpinan

MPLS juga menyediakan kesempatan bagi peserta didik baru untuk mengembangkan keterampilan sosial, seperti; bekerja sama dalam tim, berkomunikasi secara efektif, dan menjadi pemimpin. Melalui kegiatan kelompok, peserta didik baru dilatih untuk berpartisipasi aktif, berbagi ide, dan belajar bersama, sehingga  dapat membantu peserta didik baru mengembangkan keterampilan sosial yang dimiliki dalam kehidupan sekolah maupun kehidupan sehari-hari.

  1. Menumbuhkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

Selama MPLS peserta didik akan diberikan sosialisasi tentang prinsip-prinsip PHBS, seperti; mencuci tangan dengan sabun sebelum makan, menciptakan lingkungan bersih, menjaga kebersihan lingkungan sekolah, dan menjaga kebersihan pribadi, sehingga peserta didik dapat memiliki pemahaman yang baik bahwa menciptkan serta menjaga kebersihan lingkungan sekolah adalah tanggung jawab bersama.

BENTUK KEGIATAN

Kegiatan MPLS dikemas dalam bentuk yang variatif agar peserta didik antusias mengikutinya, yaitu dalam bentuk:

  1. Ceramah

Memberikan bekal pengetahuan tentang wawasan Wiyata Mandala, Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkotika, (P4GN), Sosialisasi tata tertib dan peraturan sekolah, pengenalan lingkungan sekolah, pengenalan IDUKA (Industri dan Dunia Kerja), mengenalkan kurikulum SMK Negeri 30 Jakarta, serta memberikan bekal pembelajaran dan mengenalkan kegiatan-kegiatan lain yang ada di SMK Negeri 30 Jakarta.

  1. Tanya jawab

Memberikan kesempatan kepada peserta didik baru untuk berkomunikasi secara secara interaktif agar materi yang disampaikan lebih mudah dipahami.

  1. Motivasi dari Alumni

Alumni SMK Negeri 30 Jakarta yang sudah berhasil menjalani karier sesuai dengan bidang keahlian yang dimiliki dihadirkan ke sekolah untuk memberikan testimoni dan motivasi kepada peserta didik baru agar mereka bisa berprestasi dan semangat dalam melaksanakan pembelajaran.

 

Selamat bergabung peserta didik baru SMK negeri 30 Jakarta Tahun 2023/2024 dan mari bersama kita wujudkan visi SMK Negeri 30 Jakarta dengan gemilang ….!

Bagikan artikel ini:
Sri Endang Rahayu, M.Pd

- Kepala Sekolah -

Assalamualaikum Warahmatullah WabarakatuhAlhamdulillahi robbil alamin kami panjatkan kehadlirat Allah SWT, bahwasannya dengan rahmat dan karunia-Nya lah akhirnya Website sekolah ini…

Berlangganan
Banner